Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alex-Nono Juga Janjikan 10 Program Gratis

Kompas.com - 29/06/2012, 18:39 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Janji kampanye "Tiga Tahun Bisa" menjadi slogan yang selalu diusung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, Alex Noerdin dan Nono Sampono. Janji itu merujuk pada program membuat Jakarta bebas banjir dan bebas macet.

Namun, selain janji itu, Alex juga memiliki sepuluh janji lainnya. Hal ini diungkapkannya saat berkampanye di hadapan warga Pasar Pancong, Sukapura, Jakarta Utara, Jumat (29/6/2012). "Tidak hanya Jakarta bebas banjir, tapi saya berjanji akan menggratiskan 10 pelayanan publik untuk kepentingan rakyat," kata Alex.

Kesepuluh program gratis itu meliputi pendidikan gratis dari tingkat SD-SMA dan Ibtidaiyah-Madrasah Aliyah, kesehatan gratis hingga sembuh, pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) gratis, pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) gratis, akta kelahiran gratis, dan akta nikah gratis. Selain itu, Alex juga berjanji menyediakan pelayanan perkara hukum gratis, surat keterangan meninggal gratis, dan pemberian uang duka santunan kematian sampai Rp 3 juta.

Alex menyatakan, jika janji-janjinya tidak bisa terpenuhi, maka dirinya bersama dengan Nono akan siap mengundurkan diri dari jabatannya. "Bisa dilihat dari kandidat 1 sampai 5, ada tidak yang berani menyatakan mundur kalau gagal memenuhi janjinya. Saya siap pasang badan," kata Gubernur Sumatera Selatan yang kini tengah mengambil cuti kampanye itu.

Nono menambahkan, masyarakat boleh saja tidak percaya atas janji-janji yang ditebar oleh para cagub. "Janji boleh tidak dipercaya. Tapi lihat dulu siapa yang berjanji, Pak Alex punya track record baik dalam memenuhi janjinya selama di Sumatera Selatan," tutur Nono.

Alex pernah mendapatkan penghargaan rekor MURI atas pemenuhan janji kampanye tercepat, yakni 81 hari dalam bidang kesehatan. Nono mengatakan, sudah sejak 10 tahun lalu Alex menerapkan program pendidikan dan pengobatan gratis saat menjabat sebagai Bupati Musi Banyuasin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com