Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alex-Nono Sapa Puluhan Nelayan Cilincing

Kompas.com - 29/06/2012, 15:50 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Alex Noerdin dan Nono Sampono, melakukan rangakaian kampanye hari keenamnya di kawasan Jakarta Utara, Jumat (29/6/2012). Kali ini, Alex-Nono menyapa puluhan nelayan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Cilincing. Di dalam pertemuan itu, Alex kembali menyoroti persoalan limbah pabrik serta pendidikan dan kesehatan keluarga nelayan.

"Persoalan di sini adalah limbah pabriknya yang membuat nelayan semakin sulit mencari ikan. Harus semakin jauh mencarinya, padahal BBM saat ini mahal," ungkap Alex, Jumat (29/6/2012), di TPI Cilincing, Jakarta Utara.

Dengan kondisi seperti itu, setiap harinya nelayan di Cilincing yang sebagian besar adalah pendatang dari wilayah Indramayu, harus fokus mencari uang untuk makan. "Boro-boro mikirin pendidikan, buat makan saja sulit. Buat sehat, walaupun terlihat tidak sakit, warga hanya pakai obat puyer bintang tujuh untuk semua penyakit," kata Alex.

Persoalan lainnya adalah terkait saluran air di kawasan permukiman nelayan yang banyak tersendat tumpukan sampah. "Jangan sampai jadikan laut halaman belakang kita. Harus jadi wajah depan rumah kita," kata Nono Sampono yang datang mendampingi Alex tersebut.

Alex memberikan solusi bahwa untuk meringankan beban kaum nelayan, maka dirinya kembali mensosialisasikan program pendidikan dan kesehatan gratis, keamanan, dan Jakarta yang bebas macet dan banjir.

"Satu hari setelah dilantik, anak bapak ibu tidak perlu lagi bayar sekolah sepersen pun. Tidak ada uang gedung, uang buku, uang pangkal atau apa pun itu. Demikian juga dengan kesehatan," ujar Alex.

Selain berorasi, kampanye Alex dan Nono kali ini juga terbilang santai karena diselingi dengan hiburan dari Candil, mantan vokalis Seurieus. Yang tidak terduga, Nono Sampono juga turut menghibur para pendukungnya dengan bernyanyi "Munajat Cinta" yang dipopulerkan band The Rock.

Usai melakukan ramah tamah, pasangan nomor urut 6 ini seyogyanya akan melepaskan barongsai. Namun, saat tiba di lokasi pelepasan barongsai, tim sukses Alex-Nono pun kebingungan karena tidak ada satu pun pertunjukkan di situ. Ternyata, barongsai yang tadinya akan menyambut Alex-Nono dari para nelayan sudah terlebih dulu pergi melaut. Alex-Nono pun kemudian memutuskan meninggalkan perkampungan nelayan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com