Kompas.com - 17/06/2012, 16:18 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Ketua Komisi XI dari Fraksi Partai Golkar, Harry Azhar Azis, mengatakan, hingga sekarang ini, baru tiga calon anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan yang dipilih oleh semua anggota kelompok Fraksi Partai Golkar. "Sudah ada semacam keputusan. Tiga orang, sudah hampir semua anggota poksi (kelompok fraksi) semua memilih orang itu. Empat masih tanda tanya," sebut Harry ketika dihubungi Kompas.com, Minggu (17/6/2012).

Ia mengatakan, Fraksi Partai Golkar (FP Golkar) sudah mengadakan beberapa kali rapat. Hasilnya menunjukkan tiga calon yang sudah pas bagi partai berlambang pohon beringin tersebut. Namun, Harry tidak bersedia menjelaskan lebih detail mengenai ketiga orang tersebut. "Nggak bisa. Kita sudah dikasih tahu nggak bisa," sambung dia.

Harry pun menuturkan, Partai Golkar akan mengadakan rapat terakhir pada Selasa (19/6/2012) siang. Selepas itu, kata dia, seluruh fraksi akan bertemu di sidang komisi. "Rapat pemilihan, Selasa malam," ucapnya.

Ia belum bisa memastikan apakah rapat pemilihan itu akan berlangsung secara terbuka seluruhnya. Namun, Harry akan mengusulkan secara terbuka. "Mungkin kita buka dulu rapat internal lalu skors untuk rapat kelompok fraksi," pungkasnya.

Uji kepatutan dan kelayakan terhadap 14 calon anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK) telah dilakukan sejak Kamis (7/6/2012) hingga Kamis (14/6/2012). Para calon tersebut akan menduduki tujuh jabatan yang tersedia dalam DK OJK.

OJK merupakan lembaga baru yang akan melakukan supervisi industri jasa keuangan. Ini merupakan industri yang strategis sehingga harus diawasi orang-orang berintegritas tinggi, memiliki keahlian dan kompetensi di bidang keuangan.

OJK nantinya akan mengelola dana yang terbilang besar, yakni sekitar Rp 7.500 triliun atau setara dengan produk domestik bruto (PDB) Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.