Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelucutan Atribut Kampanye Belum Tuntas

Kompas.com - 15/06/2012, 18:55 WIB
Ali Sobri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Jakarta Barat, Muhaimin, mengatakan aksi pelucutan 264 atribut peraga kampanye Pilkada DKI Jakarta di wilayah Jakarta Barat belum tuntas.

"Sudah ditertibkan atribut kampanye di berbagai ruas jalan di delapan kecamatan Jakarta Barat. Sampai pagi, kita ikut dalam aksi tersebut, tapi di beberapa titik masih belum tuntas dilucutkan aparat," katanya kepada Kompas.com, Jumat (15/6/2012).

Menurut Muhaimin, atribut kampanye keenam pasang Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta masih ada yang menempel di beberapa ruas dan sudut jalan raya Jakarta Barat. "Kalau hasil penertiban semalam itu sudah dikumpulkan di kantor Walikota, sesuai nomor urut pasangan calon. Tapi di daerah Cengkareng Kapuk itu masih tersisa dan belum tuntas," katanya.

Ada 300 petugas Satpol PP Jakarta Barat, 20 personel kepolisian dari Polrestro Jakarta Barat, petugas Panwaslu, petugas KPUD Pusat dan 2 orang perwakilan tim sukses cagub-cawagub yang terlibat dalam aksi menurunkan 264 atribut peraga kampanye. Sejauh ini, yang sudah diturunkan adalah poster dan spanduk berbagai ukuran terkumpul dari nomor urut 1 sebanyak 88 buah, nomor 2 berjumlah 20 buah, nomor urut 3 juga 20 buah, nomor 4 terkumpul 41 buah, nomor 5 hanya 6 buah, dan nomor 6 terkumpul 89 buah.

"Rencananya mau dilanjutkan penertiban sore ini, namun pihak Panwaslu ada anggotanya yang terkena musibah, jadi kami menundanya," ujarnya seraya menambahkan, belum ada konfirmasi kelanjutan penertiban atribut.

Seperti diinformasikan, penertiban alat peraga merupakan tindak lanjut perintah KPUD Pusat yang mengharuskan wilayah DKI Jakarta bebas dari alat peraga Pilkada sebelum masa kampanye 24 Juni mendatang.

Pengertian kampanye, mengacu pada peraturan KPU, terdapat beberapa unsur di dalamnya. Unsur tersebut adalah mengajak warga memilih, memaparkan visi dan misi, kemudian dilakukan saat kampanye (24 Juni-7 Juli) dan dilakukan oleh tim sukses dan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com