Kompas.com - 14/06/2012, 15:28 WIB
Penulis Sandro Gatra
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Petugas Kepolisian menembak mati MT, salah satu orang yang diduga kuat pelaku serangkaian kasus penembakan di Papua, Kamis ( 14/6/2012 ) pagi. Dari tangan MT, ditemukan senjata api bermerek Taurus dengan 23 peluru.

Hal itu dikatakan Kepala Bareskrim Polri Komisaris Jenderal Sutarman di Gedung Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (14/6/2012).

Sutarman mengaku belum mengetahui detail penyergapan oleh tim hingga mengakibatkan MT tewas. "Laporannya sedang dikirim dari Papua. Nanti aja supaya tidak simpang siur," kata dia.

Sutarman menjelaskan, penyergapan pagi tadi hasil penyelidikan dari penangkapan tiga orang yang diduga terlibat dalam berbagai aksi penembakan di Papua selama ini. Mereka berinsial JW, BT, KW. Ketiganya telah ditetapkan sebagai tersangka.

Sutarman menambahkan, MT diduga esekutor penembakan warga negara Jerman, Dietmar Pieper (55), di Jayapura, serta penembakan Saiful Bahri (24) yang mobilnya kemudian dibakar. Pihaknya masih memburu para pelaku lain yang sudah teridentifikasi.

Ketika ditanya apa motif dari berbagai penembakan selama ini, Sutarman mengatakan, pihaknya hanya melihat aspek kriminal. Adapun mengenai motif politik, pihaknya menyerahkan kepada instansi yang berwenang untuk menganalisisnya.

"Yang kita lakukan supaya jangan sampai terjadi penembakan lagi ke warga. Sudah 35 orang yang meninggal dalam tahun ini saja," pungkas Sutarman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.