Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Maluku Tutup Pameran MTQ

Kompas.com - 13/06/2012, 15:53 WIB
Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu, Rabu (13/6/2012) sore menutup pameran Musabqah Tilawatil Qur’an (MTQ) dan Maluku Expo 2012 yang dipusatkan di Kawasan Galunggung Kota Ambon.

Dalam sambutannya, Gubernur menilai, sejauh ini pameran MTQ dan Maluku Expo 2012 berjalan lancar dan sukses, di mana diperkirakan setiap harinya hampir 35 ribu pengunjung memdati lokasi pameran.

Sukses penyelenggaraan pameran MTQ dan Maluku Expo 2012, kata Gubernur, tidak lepas dari peran serta berbagai pihak baik pemerintah maupun pihak suasta yang ikut menyukseskannya. “Kami sangat mengapresiasi dan menyampaikan penghargaan atas partisipasi berbagai lembaga dan instansi, baik pemerintah maupun swasta, yang terlibat dalam pameran inisehigga semuanya dapat berjalan dengan sukses,” kata Gubernur.

Ia mengungkapkan, berdasarkan data yang berhasil diterima, dari 184 stan pameran yang disediakan panitia, ternyata seluruhnya terisi bahkan ada sebagian besar pelaku usaha kecil dan menengah tidak mendapatkan kesempatan untuk memamerkan hasil kerajinannya. “Animo pelaku usaha kecil menengah sangat tinggi namun ketersediaan stan tidak mampu memenuhi kebutuhan mereka,” katanya.

Gubernur mengakui, tercatat ada sejumlah stan yang mengalami over sale melebihi target penjualan. Menurutnya Itu semua menjadi indikator bahwa event Pameran MTQ dan Maluku Expo berjalan sukses.

Gubernur berharap melalui pameran tersebut, nantinya dapat meningkatkan dan memberdayakan produksi Indonesia, khususnya sumberdaya alam Maluku sekaligus meningkatkan kecintaan masyarakat pada produksi dalam negeri, dalam rangka meningkatkan daya saing daerah, baik di tataran regional, nasional maupun di pasar global.

“Kami berharap, kerjasama bisnis yang terlaksana saat ini, entah itu yang terbangun antar pemda, ataukah antar pelaku usaha dan produsen, antar pelaku usaha besar dengan UMKM, dapat terusditindaklanjuti,” kata Gubernur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com