Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menlu Barat-Arab Bahas Suriah di Istanbul

Kompas.com - 07/06/2012, 10:19 WIB

ISTAMBUL, KOMPAS.com - Para menteri luar negeri negara-negara Barat dan Arab dilaporkan mengadakan pertemuan tidak resmi di Istanbul, Rabu (6/6), untuk membicarakan krisis yang sedang berlangsung di Suriah.

Kantor berita setengah resmi Turki Anatolia mengatakan, pertemuan tidak resmi itu berlangsung sebelum Forum Terorisme Global, yang dijadwalkan untuk bersidang di Conrad Hotel, Kamis.

Laporan tersebut mengutip sumber-sumber diplomatik yang mengatakan bahwa Menteri Luar Negeri Turki Ahmet Davutoglu dan Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton  berpartisipasi dalam pertemuan tersebut, serta pejabat dari Perancis, Jerman, Italia, dan beberapa negara Arab.

Bentrokan antara pasukan pemerintah dan pemberontak bersenjata Suriah sedang berlangsung di seluruh negeri. Amerika Serikat dan beberapa negara Arab telah meminta Presiden Suriah Bashar al-Assad untuk mundur. Namun, Bashar menekankan, pemecahan krisis melalui reformasi.

Bashar, Rabu, mengumumkan bahwa ia telah menunjuk mantan menteri pertanian Riahd Hijab Farid sebagai perdana menteri baru dan ditugaskan kepadanya untuk  membentuk pemerintah baru.

Menurut pemerintah Turki, total 29 negara berpartisipasi dalam Forum Terorisme Global itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com