Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Pangkas Jalur Distribusi

Kompas.com - 04/06/2012, 14:22 WIB
Andy Riza Hidayat

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - PT Pertamina tengah memangkas jalur distribusi yang selama ini terlalu panjang. Panjangnya jalur distribusi ini membuat harga elpiji kemasan 3 kilogram di pasaran menjadi tidak terkendali. Hal ini pula membuka peluang permainan elpiji 3 kg yang seharusnya untuk kalangan penerima subsidi.

"Kami memang sedang memperbaiki jalur distribusi ini, selama ini terlalu panjang. Paling tidak ada empat atau lima rangkaian yang ada. Kami sekarang mewajibkan setiap agen menjalin kontrak kerjasama dengan pangkalan. Jadi agen hanya melayani distribusi dengan pangkalan yang terdaftar," tutur Anggora Dini, Sales Representative Rayon VI PT Pertamina, Senin (4/6) di Jakarta.

Menurut Dini, di wilayah Region 3 meliputi DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, dan Kalimantan Barat terdapat 935 agen. Sementara diwilayah yang sama, terdapat 25.071 pangkalan terdaftar. Dini belum dapat menyebut pangkalan yang belum terdaftar hingga saat ini.

"Kami terus memperbaiki data pangkalan. Selain memiliki kontrak kerja sama, mereka juga harus memiliki kuota penjualan ke konsumen," katanya.

Selama ini fokus pengawasan Pertamina terhadap elpiji 3 kg hanya sampai di agen. Namun ke depan Pertamina sedang menjajaki kerja sama pengawasan dengan pemerintah daerah mengawasi distribusi hingga pangkalan. "Makanya kami tertibkan sekarang. Pangkalan harus memiliki kontrak kerja sama," tutur Dini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com