Putra-putri PB XII Dukung Rekonsiliasi

Kompas.com - 01/06/2012, 01:00 WIB
EditorJodhi Yudono

JAKARTA, KOMPAS.com--Keluarga besar putra dan putri (Alm) Paku Buwono (PB) XII mendukung dwi tunggal kepemimpinan Keraton Surakarta demi terwujudnya rekonsiliasi diantara pihak Sinuhun Paku Buwono XIII dengan KGPH Panembahan Agung Tedjowulan.

Kepada pers di Jakarta, Kamis, sebanyak 29 dari 35 orang putra dan putri PB XII menyatakan mereka ingin menunjukkan kepada masyarakat luas keluarga besar keraton Surakarta Hadiningrat mengakhiri dualisme kepemimpinan selama ini.

Selain itu, menurut salah seorang putra PB XII GPH Dipokusumo, rekonsiliasi itu sekaligus pula menegaskan bahwa hanya segelintir orang saja yang sesungguhnya tidak menghendaki adanya perdamaian dalam keluarga besar Mataram itu.

"Kami mendukung sepenuhnya kesepakatan antara SISKS PB XIII dan KGPH Panembahan Agung Tedjowulan menjadi dwi tunggal untuk memperkuat kepemimpinan dan eksistensi keraton Surakarta," ujarnya.

Dijelaskannya pula bahwa upaya penyatuan kembali kepemimpinan di keraton itu demi melindungi Keraton Surakarta Hadiningrat sebagai salah satu cagar budaya dan aset bangsa yang harus dilestarikan terus menerus.

Selain itu, keberadaan Keraton Surakarta Hadiningrat juga tidak bisa dipisahkan dengan keberadaan NKRI. Dalam maklumat tahun 1945, Keraton Surakarta Hadiningrat menggabung kedalam NKRI dan hal itu menunjukkan kebesaran Paku Buwono XII yang pada saat itu memimpin keraton tertua di Jawa Tengah tersebut.

Dengan demikian, menurut Dipokusumo, tidak ada yang perlu dipertanyakan lagi terkait proses rekonsiliasi yang sudah berjalan saat ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, wakil Sentono Keraton Surakarta BRAY Moryati Soedibyo menuturkan bahwa baik PB XIII dengan KGPH Tedjowulan telah menunjukkan jiwa besar masing-masing.

"Keduanya telah saling mengalah demi eksistensi keraton Surakarta Hadiningrat dimasa-masa mendatang serta untuk pelestarian budaya dan sejarah bangsa ini," ujarnya.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.