Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petani Sesalkan Kekerasan di Register 45 Mesuji

Kompas.com - 28/05/2012, 19:04 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com — Persatuan Petani Moro-Moro Way Serdang, Mesuji, menyesalkan tindakan kekerasan yang dilakukan sekelompok perambah Register 45, Mesuji, Lampung.

Sekretaris Jenderal Persatuan Petani Moro-Moro Way Serdang (PPMWS) Syahrul Sidin mengimbau sejumlah pihak untuk menahan diri dan tidak melakukan tindak kekerasan, khususnya di daerah konflik agraria hutan Register 45. "Kekerasan hanya akan melanggengkan spiral kekerasan. Saatnya kita untuk mengedepankan cara-cara yang beradab dalam menyelesaikan berbagai persoalan itu," kata Syahrul, Senin (28/5/2012), di Bandar Lampung.

Perwakilan kelompok petani yang juga menggarap lahan di Register 45 ini menyatakan memahami kondisi psikologis para petani di Register 45. Hanya saja, kata Syahrul, melakukan kekerasan sama saja dengan terus menambah masalah.

PPMWS berharap pemerintah menelurkan kebijakan prorakyat dan menghormati hak asasi manusia. Konflik di Register 45 adalah konflik yang sudah berlangsung belasan tahun tanpa penyelesaian yang memadai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com