Jamsostek Siap Bayar Korban Sukhoi

Kompas.com - 25/05/2012, 08:33 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Klaim jaminan kecelakaan kerja korban musibah pesawat Sukhoi Superjet 100 peserta program Jamsostek siap dibayarkan. PT Jamsostek akan menyerahkan klaim begitu ahli waris 19 korban kecelakaan pesawat yang terdaftar sebagai peserta siap menerima.

Kepala Kantor Wilayah III Jamsostek Herdi Trisanto menyatakan hal itu di Jakarta, Kamis (24/5/2012). Jamsostek menyelenggarakan jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua, dan jaminan pemeliharaan kesehatan berdasarkan Undang-Undang No 3/1992.

”Kami langsung mendata setelah mendengar peristiwa ini. Kami hanya akan membayar santunan kepada 19 orang itu dengan nilai Rp 8 miliar,” kata Herdi.

Dalam proses pendataan, Jamsostek menemukan masih ada perusahaan yang belum melaporkan pekerjanya dengan benar. Masih ada pendaftaran sebagian pekerja atau pelaporan upah bulanan untuk dasar penghitungan iuran yang tak sesuai kenyataan.

Menurut Herdi, kondisi ini merugikan pekerja dan keluarganya apabila terjadi suatu risiko yang menimpa peserta. Berdasarkan peraturan, perusahaan yang mempekerjakan sedikitnya 10 orang atau membayar upah total Rp 1 juta per bulan wajib mendaftarkan pekerja dalam program Jamsostek.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Jamsostek (Persero) Hotbonar Sinaga menyatakan, dalam proses identifikasi peserta Jamsostek yang menjadi korban kecelakaan pesawat Sukhoi, ditemukan perusahaan yang melaporkan sebagian dari upah pekerjanya. (Ham)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    Rekomendasi untuk anda
    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.