Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengiriman Jenazah ke Luar Kota Didahulukan

Kompas.com - 22/05/2012, 21:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Juru bicara PT Trimarga Rekatama Sunaryo selaku agen Sukhoi di Indonesia menyatakan pihaknya memastikan proses penyerahan dan pengantaran jenazah korban kecelakaan pesawat Sukhoi Superjet 100 akan dilakukan secepatnya besok Rabu (23/5/2012).

Ia mengatakan, jenazah yang dikirim ke luar kota akan didahulukan dan segera dibawa langsung ke Bandara Soekarno-Hatta.

"Nanti sejumlah mobil akan mengawal jenazah yang menuju ke Bandara. Ada yang ke Manado, Sulawesi, Malang dan Lampung. Kita akan koordinasi dengan keluarga dan pihak perusahaan jenazah dibawa dengan pesawat apa," kata Sunaryo, di Bandara Halim Perdana Kusuma, Selasa (22/5/2012) malam.

Untuk pengembalian jenazah korban yang berada di sekitar Jakarta, kata Sunaryo, akan dikerahkan pengawalan polisi yang mengendarai motor. Beberapa wilayah di sekitar Jakarta itu di antaranya Karawang, Tangerang dan Sukabumi.

"Kita akan berkoordinasi lagi dengan tim pengawalan dan mobil ambulans, agar keluarga tidak sampai ketinggalan ketika iring-iringan jenazah nanti dibawa," kata dia.

Ia memperkirakan proses penyerahan jenazah pada keluarga besok berlangsung selama 45 menit.

Saat ini, tim Basarnas dan PT Trimargarekatama masih menunggu semua jenazah korban dipindahkan dari Rumah Sakit Polri Raden Said Sukanto ke Bandara Halim malam ini.

Pihaknya meminta maaf pada keluarga korban kecelakaan pesawat Sukhoi Superjet 100 karena tak bisa mendampingi pengembalian jenazah ke kediaman mereka masing-masing.

Agen yang memperkenalkan pesawat buatan Rusia di Indonesia itu, hanya mendampingi keluarga saat serah terima jenazah dari tim Disaster Victim Identification (DVI) dan Basarnas.

"Kami tidak bisa ikut antar jenazah dan kami serahkan pada operator masing-masing untuk bersama keluarga. Nanti pihak kami akan menyiapkan waktu sendiri untuk mendatangi keluarga semua korban," kata Sunaryo.

Saat ini, kata dia, telah disiapkan 45 ambulans untuk mengangkut jenazah korban ke kediaman maupun tempat pemakaman masing-masing, pada Rabu pagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com