Ekonomi Global Dikhawatirkan Memburuk

Kompas.com - 21/05/2012, 09:14 WIB
|
EditorDedi Muhtadi

JAKARTA,KOMPAS.com — Harga minyak mentah terus turun karena khawatir dengan ekonomi Eropa yang terus memburuk dan tanda-tanda kuat terjadinya perlambatan ekonomi di China yang dapat berlanjut ke Amerika Serikat.

Pelaku pasar global masih mengawasi perkembangan di Yunani untuk pemilihan umum kedua yang diperkirakan digelar pada pertengahan Juli mendatang. Industrial production di 17 negara Eropa turun 0,3 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya (MOM) di bulan Maret. Sementara di China, meski produksi pabrik tumbuh 9,3 persen, itu merupakan kenaikan terendah sejak tahun 2009.

Leading indicators index (LEI) AS yang turun secara tidak terduga pada bulan April dikhawatirkan bisa berlanjut. "Kondisi ini membuat harga bahan bakar di AS juga melemah, tetapi spending masyarakat masih cukup tinggi," kata ekonom Samuel Sekuritas, Lana Soelistianingsih, di Jakarta, Senin (21/5/2012).

Turunnya harga minyak ini justru berpotensi menambah kemampuan belanja masyarakat di AS yang menjadi penyumbang 70 persen dari produk domestik bruto AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.