Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekonomi Global Dikhawatirkan Memburuk

Kompas.com - 21/05/2012, 09:14 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com — Harga minyak mentah terus turun karena khawatir dengan ekonomi Eropa yang terus memburuk dan tanda-tanda kuat terjadinya perlambatan ekonomi di China yang dapat berlanjut ke Amerika Serikat.

Pelaku pasar global masih mengawasi perkembangan di Yunani untuk pemilihan umum kedua yang diperkirakan digelar pada pertengahan Juli mendatang. Industrial production di 17 negara Eropa turun 0,3 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya (MOM) di bulan Maret. Sementara di China, meski produksi pabrik tumbuh 9,3 persen, itu merupakan kenaikan terendah sejak tahun 2009.

Leading indicators index (LEI) AS yang turun secara tidak terduga pada bulan April dikhawatirkan bisa berlanjut. "Kondisi ini membuat harga bahan bakar di AS juga melemah, tetapi spending masyarakat masih cukup tinggi," kata ekonom Samuel Sekuritas, Lana Soelistianingsih, di Jakarta, Senin (21/5/2012).

Turunnya harga minyak ini justru berpotensi menambah kemampuan belanja masyarakat di AS yang menjadi penyumbang 70 persen dari produk domestik bruto AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com