Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Durian Runtuh" Masih Dinikmati Warga Cipelang

Kompas.com - 19/05/2012, 08:03 WIB
Mukhamad Kurniawan

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com- Meski operasi pencarian korban telah dihentikan oleh Badan SAR Nasional sejak Jumat siang kemarin, pagi ini masih saja ada warga yang datang untuk melihat kesibukan di landasan helikopter. Mereka umumnya datang dari desa-desa di Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor.

Karena itu, warga Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, masih melanjutkan membuka lahan parkir dan berjualan makanan dan minuman untuk menyediakan kebutuhan para pengunjung yang masih berdatangan.

Memang. selama ini warga seperti tertimpa "durian runtuh". Sebab, apa saja yang berhubungan dengan kebutuhan pengunjung, petugas, dan relawan selalu bisa jadi duit. Lahan parkir salah satunya.

Ada sedikitnya empat tempat parkir dadakan di sekitar pos koordinasi di landasan helikopter Desa Cipelang sepuluh hari terakhir hingga Sabtu (19/5/2012) pagi ini. Warga membuka jasa parkir seiring membanjirnya pengunjung yang akan menyaksikan proses evakuasi korban jatuhnya pesawat Sukhoi Super Jet 100 di Gunung Salak. Setiap hari, helikopter hilir mudik mengirim dan mengambil jenazah dari Gunung Salak ke Rumah Sakit Polri atau mengantar jemput tim SAR.

Pekarangan rumah dan lahan-lahan kosong pun disulap jadi tempat parkir. Menurut Ishak (39), Ketua RT 2 RW 7 Desa Ciipelang, dari lahan parkir saja, warga memperoleh pendapatan Rp 100.000-150.000 per hari. Pada Sabtu-Minggu atau pada hari libur pendapatan parkir melonjak jadi Rp 200.000-300.000.

"Ada pendapatan dadakan dari lahan parkir. Dengan lahan seluas 200-300 meter persegi, satu lokasi parkir yang dikelola 2-5 orang bisa menghasilkan rata-rata Rp 200.000 per hari," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com