Harga Minyak Melorot ke Level Terendah 6 Bulan

Kompas.com - 18/05/2012, 07:32 WIB
|
EditorErlangga Djumena

NEW YORK, KOMPAS.com — Harga minyak mentah merosot ke posisi terendah dalam enam bulan menyusul spekulasi investor bahwa peringkat kredit bank-bank Spanyol akan terpangkas, serta turunnya keyakinan konsumen Amerika Serikat. Kedua hal ini lantas menggambarkan kekhawatiran pertumbuhan ekonomi akan turun.

Harga minyak mentah West Texas Intermediate untuk pengantaran Juni turun 25 sen menjadi 92,56 dollar AS per barrel di Nymex, Kamis (17/5/2012) waktu New York. Ini harga penetapan terendah sejak 2 November 2011. Sedangkan minyak Brent untuk penetapan Juli merosot 2,26 dollar AS, atau 2,1 persen, menjadi 107,49 dollar AS per barrel di ICE Futures Europe exchange, London.

Lembaga pemeringkat Moody's disebut-sebut akan memangkas peringkat kredit bank-bank Spanyol setelah pukul 09.00 PM waktu Madrid. "Kami mendapat data ekonomi yang lembut dan kekhawatiran Eropa membebani ekuitas dan (harga) minyak mentah ditarik untuk turun," sebut Jason Schenker, Presiden Prestige Economics LLC, di Austin, Texas, Kamis waktu setempat.

Lalu, kondisi ekonomi AS pun tidak bagus. Indeks ekonomi umum Bank Sentral Philadelphia, AS, turun. Keyakinan konsumen AS pun turun ke level terendah sejak akhir Januari pada minggu lalu. Menurut kelompok yang berbasis di New York, indeks Conference Board untuk tiga sampai enam bulan ke depan turun 0,1 persen pada bulan April, setelah naik 0,3 persen pada bulan sebelumnya. Padahal, survei Bloomberg memperkirakan indeks akan naik 0,1 persen.

"Kekhawatiran yang meningkat terkait cerita Eropa dan data ekonomi AS yang mengecewakan telah menjadi cerita selama dua minggu ini," tambah Jason.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.