Tim Forensik Identifikasi Satu Jasad WNI Laki-laki

Kompas.com - 16/05/2012, 16:13 WIB
|
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com — Proses identifikasi jenazah korban pesawat Sukhoi Superjet 100 masih terus dilakukan. Tim forensik gabungan dari Disaster Victim Investigation (DVI) dan Inafis Polri berhasil mengidentifikasi satu jasad dari 30 kantong jenazah yang dibawa ke Jakarta.

"Teman-teman forensik menyatakan yakin 100 persen jenazah ini diidentifikasi sebagai si A," ujar Direktur Eksekutif DVI Komisaris Besar Anton Castilani saat jumpa pers di RS Polri, Rabu (16/5/2012).

"Warga negara Indonesia, jenis kelaminnya laki-laki," tambah Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Komisaris Besar Boy Rafli Amar.

Sementara itu, Anton melanjutkan, hasil tersebut didapatkan dari sebuah proses panjang identifikasi melalui foto panoramik gigi geligi pihak keluarga. Temuan itu dibandingkan dengan gigi geligi kumpulan jenazah lainnya. Ada kecocokan di antara data tersebut sehingga tim mendapat kesimpulan dengan tingkat keakuratan 100 persen.

Namun, meskipun telah berhasil mengidentifikasi satu jasad, Anton tidak bersedia memberikan identitas dari jasad tersebut. Hal itu dilakukan dengan alasan menghormati pihak keluarga. Namun, Anton berjanji bahwa langkah selanjutnya adalah menghubungi pihak keluarga bersangkutan.

"Tidak diumumkan di media untuk menghindari kesalahpahaman dengan keluarga lain. Bukan berarti, bahwa keluarga Anda tidak diperhatikan, mengingat yang terkumpul baru data-data primer yang kita butuhkan," lanjutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.