India Kurangi Impor Minyak dari Iran

Kompas.com - 15/05/2012, 20:11 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - India memutuskan mengurangi 11,1 persen impor minyak mentah dari Iran pada tahun fiskal ini. Dengan persentase itu, impor India menjadi 15,5 juta ton per tahun.

Kepada parlemen India pada Selasa (15/5/2012), sebagaimana warta Xinhua, Menteri Perminyakan dan Gas Alam India RPN Singh mengatakan total impor minyak mentah India dari Iran pada periode 2010-2011 mencapai angka 18,5 juta ton. Lalu, angka ini turun menjadi 17,44 juta ton pada 2011-2012.

Pengurangan impor ini memang terkait dengan kebijakan AS menekan Iran lantaran program nuklir negara itu. Dalam hal ini, AS mengajak sekutu-sekutunya melakukan boikot sama.

Sebanyak 80 persen impor minyak mentah India berasal dari 30 negara. Sementara, sisanya, 12 persen, adalah impor India dari Iran.


 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.