Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim SAR Sudah di Dasar Jurang Lokasi Sukhoi

Kompas.com - 13/05/2012, 10:44 WIB

BOGOR, KOMPAS.com - Tim SAR gabungan dari TNI, Polri dan warga, sejak Sabtu (12/5/2012) malam sudah berada di dasar jurang dimana sebagai lokasi rongsokan dan korban pesawat Sukhoi Superjet 100 di Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat.

"Kini, sebagian anggota tim sedang mencoba turun menyusul tim yang sudah turun lebih dahulu," kata Search Mission Coordinator (SMC) evakuasi Sukhoi Superjet 100, Ketut Parwa saat dihubungi dari Lapangan Pasir Pogor, Cipelang, Bogor, Minggu (13/5/2012).

Ketut Purwa mengatakan tim menduga masih banyak korban Sukhoi yang berada di dasar jurang hingga saat ini difokuskan pencarian di dasar jurang. "Kami harapkan semua korban bisa dievakuasi," katanya.

Ia berharap cuaca di medan operasi, dapat tetap cerah hingga evakuasi dengan menggunakan jalur udara dapat tetap dilakukan seperti pada Sabtu.

Dikatakan, sampai sekarang sudah ada 19 kantong yang berisi korban musibah tersebut dikirimkan ke Lapangan Udara (Lanud) Halim Perdanakusumah.

Ia juga menyebutkan saat itu terdapat sekitar 540 personel Brimob yang akan dikirimkan ke lokasi guna mengganti personel tim evakuasi yang sudah tiga hari berada di lokasi. "Memang betul perlu ada pergantian tim yang sudah tiga hari berada di lokasi, agar operasi, salah satunya tim Brimob yang naik ke lokasi," katanya.

Tim SAR dari Rusia juga sudah tiba di Jakarta dan mereka siap ikut membantu untuk mengevakuasi para korban. Tim ini tiba di Jakarta dengan menggunakan pesawat udara Illuyshin sambil membawa pesawat helikopter.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com