Buruh Jatim Sudah Pemanasan Demo "May Day"

Kompas.com - 27/04/2012, 22:36 WIB
|
EditorTri Wahono

SURABAYA, KOMPAS.com - Ratusan buruh dari berbagai daerah di Jatim menggelar unjuk rasa mendesak pemerintah menghapus praktik outsourcing di Jatim, Jumat (27/4/2012).

Unjuk rasa tersebut adalah aksi pemanasan menjelang aksi turun jalan besar-besaran pada peringatan hari buruh 1 Mei 2012 mendatang.

Ratusan massa buruh yang tergabung dalam FSPMI, Garda Metal, Srikandi Metal, dan ABM Jatim ini menggelar unjuk rasa di depan Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Mereka memakan hampir separuh Jalan Gubernur Suryo dan sempat memacetkan arus lalu lintas di jalan setempat.

Koordinator aksi, Chamim Tohari mengatakan, penghapusan outsorcing memang menjadi tuntutan utama pada aksi buruh memperingati hari buruh sedunia, Selasa (1/5/2012) pekan depan.

"Sekitar 90 persen buruh di wilayah industri Jatim seperti di Surabaya, Gresik, Sidoarjo, dan Pasuruan masih menggunakan kontrak outsourcing," katanya.

Informasi yang dihimpun dari Polda Jatim, pada 1 Mei mendatang, sekitar 79.450 buruh dari 17 elemen akan turun jalan di sejumlah daerah di Jatim.

Tiga daerah dengan jumlah massa terbesar yakni di Surabaya dengan 25 ribu orang dalam 4 elemen, Gresik dengan 20 ribu orang dalam 3 elemen, dan Pasuruan dengan 20 ribu orang dalam 3 elemen.

Elemen buruh tersebut antara lain Forum Komunikasi Pekerja Antar Kebun, Serikat Buruh Migran, karyawan PT Play Wood Indo, Sarbumusi, SPSI, SPN, karyawan PT MBM, dan aliansi buruh se-Jawa Timur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.