Ratusan Buruh Sosialisasi May Day ke Pabrik

Kompas.com - 26/04/2012, 20:22 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

TANGERANG, KOMPAS.com - Ratusan buruh di Kota Tangerang melakukan aksi solidaritas sebagai sosialisasi menjelang peringatan Hari Buruh Internasional, tanggal 1 Mei (may day) mendatang. Mereka mendatangi dari satu pabrik ke pabrik lain mengajak para rekan sesama buruh untuk ikut serta dalam aksi demo besar-besaran mendatang.

Aksi pra May Day itu diikuti ratusan buruh dari berbagai organisasi. Mereka berkumpul sejak pukul 08.00 di Jalan Daan Mogot KM 19. Setelah terkumpul, massa konvoi dari satu pabrik ke pabrik lain sembari berorasi dan menyebarkan selebaran terkait rencana aksi unjuk rasa mendatang.

"Kawan-kawan ayo ikut bergabung dengan kami pada aksi di hari buruh mendatang. Jika ada pihak perusahaan yang melarang dan mengancam PHK bagi buruh yang ikut demo, jangan takut kami akan lalukan sweeping dan mengajak dengan paksa," kata Maman, salah seorang buruh dalam orasinya saat mendatangi pabrik-pabrik.

Maman mengatakan, tidak ada alasan bagi pihak perusahaan melarang para buruh ikut aksi demo mendatang. "Ini aksi damai untuk menyuarakan hak-hak buruh yang tertindas. Jika dibiarkan buruh bisa makin ditindas pengusaha," kata Maman. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.