Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asep Warlan: Pilgub Jabar Harusnya Tiru DKI

Kompas.com - 09/04/2012, 16:46 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Pengamat politik dari Universitas Katolik Parahyangan, Asep Warlan Yusuf, mengaku kecewa dengan munculnya calon gubernur dari kalangan artis. Pendekatan popularitas bukanlah jawaban dari masalah yang dihadapi Jawa Barat saat ini.

"Dan yang paling penting, seharusnya partai politik tidak alergi untuk menarik orang Jabar yang ada di Jakarta. Kalau perlu, menggaet orang dari luar Jabar," kata Asep yang dihubungi Senin (9/4/2012).

Asep mencontohkan Pilgub DKI yang tidak lagi diikuti calon bermodal tampang semata. Yang ada justru para calon yang punya kompetensi, seperti Alex Noerdin, Faisal Basri, Hidayat Nur Wahid, ataupun Joko Widodo.

Padahal, lanjutnya, masalah yang dihadapi Jabar jauh lebih kompleks. Mulai dengan populasi 43 juta jiwa hingga isu pembangunan Jabar selatan, ataupun isu lingkungan seperti kehutanan ataupun pertambangan.

Parpol di Jabar juga dinilai pasif ataupun lamban oleh Asep. Bukannya aktif mencari calon yang dianggap figur terbaik, parpol lebih suka menunggu orang datang mendaftar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com