Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keluarga Jenazah TKI Ditagih Biaya Rp 5 Juta

Kompas.com - 06/04/2012, 19:49 WIB
Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Keluarga Becce binti Jalil, TKI asal Polewali Mandar, Sulawesi Barat yang meninggal dunia di Arab Saudi mengeluhkan proses pemulangan jenazah.

PJTKI yang memberangkatkan ke Arab Saudi ternyata belum memastikan kapan jenazah akan dibawa pulang ke Indonesia. Pihak PJTKI malah meminta keluarga yang membiaya pemulangan. 

Ali, salah satu keluarga korban, Becce binti Jalil, TKW asal Desa Buttu Dakka, Kecamatan Wonomulyo, Polewali Mandar itu, mengatakan, PJTKI yang memberangkatkan korban meminta keluarga agar membayar uang senilai Rp 5 juta untuk membayar biaya pemulangan korban hingga ke kampung halamannya.

"Dari mana keluarga korban bisa mendapatkan uang Rp 5 juta mereka juga keluarga miskin," ujar Ali.

Ali mengaku makin heran lantaran pembicaraan keluarga korban dengan majikan Becce di Arab Saudi menyatakan biaya telah ditanggung seluruhnya termasuk mengurus asuransi dan membayar sisa gaji korban.

Keluarga justru akan mempertanyakan asuransi kematian, sisa gaji yang belum dibayarkan, selain biaya pemulangan jenazah kepada perusahaan.

"Ini kan aneh tiba-tiba keluraga korban dimintai dana secara mendadak saat jenazah baru tiba di Jakarta, Jumat sore tadi," ujar Ali.

Meski belum ada kata sepakat keluarga korban dengan PJTKI untuk membayar permintaan biaya pemulangan seperti yang diminta perusahaan PJTKI, rencananya jenazah Becce tetap akan diterbangkan dari Jakarta ke Bandara Hasanuddin malam ini.

Menurut Ali, PJTKI memang bersedia menerbangkan dari Jakarta ke Makassar sebelum dijemput keluarganya di Bandara Hasanuddin ke Polewali Mandar, namun pihak PJTKI tetap berharap keluarga korban membayar biaya Rp 5 juta.

Seperti diberitakan sebelumnya, Becce binti Jalil adalah TKW yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga dengan salah satu majikan di Arab Saudi. Becce sudah bekerja pada majikan yang sama sejak 7 tahun lalu.

Becce yang meninggalkan dua anak ke Arab Saudi ini sempat dilarikan ke rumah sakit karena sakit, namun setelah beberapa hari dirawat Becce akhirnya meninggal dunia 3 Maret lalu.

Rencananya becce akan dikebumikan di kampung halamannya, di desa Buttu Dakka, Kecamatan Wonomulyo, Polewali, Sabtu (7/4/2012) besok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com