Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Mahasiswa STIKES Kudus Tolak Kenaikan Harga BBM

Kompas.com - 26/03/2012, 12:39 WIB
Alb. Hendriyo Widi Ismanto

Penulis

KUDUS, KOMPAS.com — Sekitar 50 mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, menolak kenaikan harga bahan bakar minyak. Mereka berjalan kaki dari kampus hingga Alun-alun Simpang Tujuh, Kudus, Senin (26/3/2012) siang.

Para mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Peduli Rakyat (GMPR) itu menggelar orasi dan membagi-bagikan selebaran. Mereka juga menggelar aksi teatrikal.

Salah seorang mahasiswa memerankan tokoh Presiden Susilo Bambang Yuhoyono. Dia berdiri di atas gerobak sampah sembari membawa cemeti. Adapun mahasiswa lain yang memerankan rakyat kecil meminta sosok yang berdiri itu turun.

Koordinator aksi GMPR STIKES Kudus, Roy Alfianto, mengatakan, pemerintah tidak perlu menaikkan harga  untuk mengurangi defisit. Pemerintah seharusnya berdialog dengan DPR untuk menurunkan gaji wakil rakyat.

"Pembangunan gedung DPR bernilai triliunan itu juga sebenarnya tidak perlu. Pasalnya gedung yang saat ini ada masih layak," kata dia.

Pemerintah, lanjut Roy, perlu menghemat dan menekan pengeluaran belanja negara itu. Rakyat kurang mampu lebih membutuhkan perhatian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com