Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Saweran" Rp 2 Miliar Bukti Dukungan Kader PDI-P kepada Jokowi

Kompas.com - 19/03/2012, 07:16 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan telah menunjukkan kebulatan tekad untuk mendukung Joko Widodo atau Jokowi, Wali Kota Solo, sebagai calon gubernur DKI. Namun, dukungan itu tidak hanya berwujud tekad.

Dalam Rapat Koordinasi Daerah Khusus, seluruh pengurus PDI-P DKI Jakarta memberikan sumbangan uang sesuai kemampuan sebagai tanda dukungan bagi Jokowi.

"Semua anggota langsung secara sukarela saweran. Hasil yang terkumpul Rp 2 miliar lebih," kata Prasetyo Edi Marsudi, Wakil Ketua DPD PDI-P DKI Jakarta kepada wartawan di Tebet, Minggu (18/3/2012).

Ia mengungkapkan, sumbangan itu berasal dari semua unsur, mulai dari pengurus anak cabang, kader tingkat kecamatan, dewan pimpinan cabang, kader tingkat kota, hingga ke dewan pimpinan daerah atau pengurus  tingkat provinsi.

Tak ketinggalan memberi saweran sejumlah anggota DPP yang hadir dalam acara itu, seperti Effendi Simbolon, Adang Ruchiatna, Djarot S Hidayat, dan Boy Sadikin.

"Kami sudah bulat mendukung Jokowi. Saweran-nya tergantung kemampuan, ada yang beberapa rupiah, ada yang nilainya jutaan," tutur Prasetyo.

Secara pribadi, ia merasa yakin terhadap Jokowi yang diusung partainya bersama Partai Gerindra sebagai cagub. Dengan dukungan bulat yang terlihat dari akar rumput, ia percaya mesin politik PDI-P akan bekerja efektif mendukung pemenangan kader partai itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com