Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arteri Porong Belum Beroperasi Penuh

Kompas.com - 15/03/2012, 03:26 WIB

SIDOARJO, KOMPAS - Dua jalur jalan arteri Porong pengganti jalan tol yang terendam lumpur Lapindo di Sidoarjo, Jawa Timur, siap diresmikan pada Kamis (15/3) ini. Meskipun demikian, jalan itu belum bisa beroperasi penuh karena pengerjaan badan jalan belum selesai.

Menurut Kadis Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan Jawa Timur Wahid Wahyudi, jalur timur arteri Porong sudah selesai 100 persen. Namun, jalur barat, separuh badan jalan dengan lebar 4 meter dan panjang 275 meter belum dicor beton. ”Saat ini masih dikerjakan. Pengerasan jalan dikebut sehingga saat peresmian semuanya sudah selesai,” ujarnya, Rabu (14/3).

Berdasarkan pantauan Kompas, Rabu siang, peralatan berat masih menyelesaikan pembangunan jalur ini. Jalan yang belum selesai berada di bagian ujung arteri Porong, sekitar 200 meter dari Jalan Tol Surabaya-Gempol. Jalan ini belum selesai karena lahan yang digunakan baru bisa dibebaskan pada akhir Februari silam.

Menurut Wahid, tidak semua kendaraan bisa melewati jalan baru. Untuk jalur timur, hanya kendaraan roda dua dan roda empat yang bisa lewat. Di jalur barat, kemungkinan hanya kendaraan beroda dua. ”Rabu sore ini kami akan menguji kekuatan jalan itu, dari situ baru bisa diputuskan kendaraan jenis apa saja yang bisa lewat,” ucapnya.

Kepala Humas Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) Akhmad Kusairi menuturkan, rambu dan penerangan jalan sudah dipasang di sebagian badan jalan. ”Tinggal di beberapa area yang belum dipasangi rambu-rambu dan penerangan. Namun, saat peresmian nanti semua sudah lengkap,” ujarnya.(ARA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com