Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diuji Coba, Jalur Arteri Baru Porong

Kompas.com - 14/03/2012, 13:54 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SIDOARJO, KOMPAS.com — Jalan arteri baru Porong, Rabu (14/3/2012) pukul 16.00, akan diujicobakan selama sekitar dua jam. Uji coba nanti untuk memastikan kondisi fisik jalan sekaligus memetakan simpul potensi kemacetan.

Namun, menurut Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan Provinsi Jawa Timur Suban Wahyudiono, untuk jalur Malang-Surabaya hanya kendaraan pribadi saja yang diperkenankan melintas. ''Masih ada pengerjaan jalan sepanjang 400 meter,dan pengerasan aspal sepanjang 125 meter tepatnya di Desa Kalisampurno Kecamatan Tanggulangin,'' kata Suban.

Sementara, untuk jalur Surabaya-Malang sudah dapat dilewati untuk semua jenis kendaraan. Pihaknya berupaya hingga nanti malam atau maksimal Kamis (15/3/2012) pagi semua prasarana pendukung lalu lintas, seperti marka, penerangan, dan petunjuk jalan dapat terpenuhi. ''Tinggal penerangan jalan yang belum maksimal, lampu sudah terpasang tapi tidak dapat langsung dialiri listrik,'' katanya.

Rencananya, Kamis (15/3/2012), kata Suban, Gubernur Jatim akan meresmikan jalur arteri tersebut sebagai alternatif jalur arteri lama yang selama ini volumenya sangat padat dan banyak dikeluhkan pengguna jalan.

Jalur arteri lama di Kecamatan Porong memang selama ini menjadi satu-satunya jalur arah Surabaya-Malang dan sebaliknya, semenjak akses tol Porong terkena dampak luapan Lumpur Lapindo sejak Mei 2006 lalu. Terbatasnya akses infrastruktur berupa jalan raya itu berdampak pada lambatnya pengiriman barang sehingga mengancam alur perekonomian dari Surabaya ke Malang, serta beberapa daerah di kawasan Tapal Kuda, seperti Pasuruan, Probolinggo, Situbondo, Bondowoso, dan Banyuwangi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com