Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran dan IAEA Berunding di Teheran

Kompas.com - 22/02/2012, 08:01 WIB

TEHERAN, KOMPAS.com — Para pejabat Iran dan Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA), yang melakukan kunjungan dua hari ke Teheran, Selasa (21/2/2012), akan mengadakan perundingan lebih lanjut, kata delegasi negara itu kepada badan pengawas PBB.

”Putaran kedua pembahasan-pembahasan antara Iran dan IAEA mengenai kerja sama bilateral selesai satu jam yang lalu di Teheran . Perundingan ini akan terus dilanjutkan di masa depan,” kata Ali Asghar Soltanieh, seperti dikutip kantor berita ISNA.

Dia mengatakan, pembicaraan-pembicaraan terbaru itu dilakukan secara ”intensif” dan mencakup kerja sama serta saling pemahaman antara Iran dan IAEA.  Kunjungan IAEA terakhir ke Teheran pada bulan lalu tidak meyakinkan.

Pemerintah Iran sebelumnya mengatakan, Selasa, pihaknya memandang kegiatan nuklir sebagai hak yang tak bisa dirundingkan, tetapi menegaskan mereka akan membahasnya dalam pembicaraan perdebatan dengan kekuatan-kekuatan dunia.

”Masalah kegiatan damai nuklir negara kami akan berada dalam agenda pembicaraan antara Iran dan P5 +1 (lima negara anggota tetap Dewan Keamanan PBB ditambah Jerman),” kata juru bicara kementerian luar negeri Iran,  Ramin Mehmanparast.

”Permintaan utama kami adalah pengakuan atas hak kami untuk memiliki teknologi (nuklir) untuk tujuan damai,” katanya.

”Itu benar telah dicapai dan kami tidak berpikir ada masalah yang perlu dinegosiasikan mengenai aktivitas nuklir kami.”

Ketegangan telah meningkat secara dramatis tahun ini atas program nuklir Iran di mana banyak  negara-negara Barat sangka meliputi penelitian untuk mengembangkan senjata atom meskipun Iran membantahnya berulang-ulang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com