Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayar Utang, Pemerintah Terbitkan "Samurai Bond"

Kompas.com - 30/01/2012, 07:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -  Pemerintah akan menerbitkan obligasi samurai bond tahun ini. Selain untuk menambal pembiayaan APBN, penerbitan samurai bond bertujuan untuk menjaring Yen untuk membayar utang luar negeri yang jatuh tempo tahun ini, yang sebagian besar berdenominasi Yen.

Berdasarkan data Bank Indonesia, utang luar negeri pemerintah yang jatuh tempo tahun ini sebesar 5,644 miliar dollar AS. Rinciannya, utang pokok 3,6 miliar dollar AS, dan bunga utang sebesar 1,965 miliar dollar AS.

Namun, Direktur Pinjaman dan Hibah Luar Negeri Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang Kemenkeu Widjanarko mengatakan, pokok utang pemerintah yang jatuh tempo lebih dari 3,6 miliar dollar AS. "Pokok utang itu terdiri dari 14 mata uang, dan porsi terbesar ada dalam bentuk mata uang Yen," jelasnya baru-baru ini.

Sayangnya, Widjanarko enggan merinci berapa besar porsi utang jatuh tempo dalam bentuk mata uang Jepang Yen. Ia hanya bilang, jatuh tempo utang luar negeri pemerintah tahun ini sudah terjadwal dalam satu tahun, sehingga dampaknya relatif kecil terhadap risiko nilai tukar. (Herlina KD/Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com