Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Wilayah Rawan Korupsi Anggaran Pendidikan

Kompas.com - 12/01/2012, 17:10 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Indonesia Corruption Watch mencatat, dalam rentang 1999-2011 terdapat 233 kasus dugaan korupsi di ranah pendidikan yang telah masuk tahapan penyidikan. Dari 233 kasus tersebut, wilayah anggaran pendidikan mana yang di dalamnya terjadi praktik korupsi paling besar? 

Koordinator Monitoring Pelayanan Publik ICW Febri Hendri menyebutkan, dari 233 kasus dugaan korupsi di dunia pendidikan, Dana Alokasi Khusus (DAK) merupakan oyjek paling besar yang diduga telah dikorupsi. Hingga Desember 2011, setidaknya terdapat 87 kasus dan menyebabkan kerugian negara sebesar Rp 138,2 miliar.

"Tingginya korupsi DAK pantas terjadi karena melibatkan dana besar yang dikucurkan. Banyak pihak terlibat dalam penetapan besaran alokasi yang diterima daerah, distribusi, dan pengadaannya," kata Febri, Kamis (12/1/2012), di Kantor ICW, Kalibata, Jakarta Selatan.

Sementara, obyek terbesar kedua yang menjadi sasaran korupsi di dunia pendidikan adalah dana pengadaan buku dan komputer. Meski hanya 14 kasus, kerugian negara yang ditimbulkan oleh kedua obyek tersebut mencapai Rp 88 miliar.

Selanjutnya, alokasi anggaran yang rawan dikorupsi adalah dana guru dengan 16 kasus dan merugikan negara sebesar Rp 31,9 miliar. Kemudian, dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Pada bagian ini, ICW menemukan 44 kasus dengan total kerugian negara mencapai Rp 10,5 miliar.

Obyek korupsi pendidikan terbesar lainnya adalah dana perguruan tinggi, dengan 7 kasus dan merugikan negara sebesar Rp 11,5 miliar. Adapun dana pendidikan daerah terdapat 5 kasus yang menyebabkan negara merugi Rp 5,7 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com