Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Madiun Batal Realisasi e-KTP Awal Tahun

Kompas.com - 06/01/2012, 18:48 WIB
Runik Sri Astuti

Penulis

MADIUN, KOMPAS.com- Program pembuatan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, batal dilaksanakan awal tahun 2012. Pelaksanaannya dipastikan molor hingga mendekati pertengahan tahun. Penyebabnya, alat penunjang e-KTP belum datang.

"Harapannya bisa dilakukan dalam waktu dekat. Tapi Anda tahu sendiri sampai sekarang alatnya yang dari pemerintah pusat belum turun. Kami tidak bisa bekerja karena harus menunggu alat itu," ujar Bupati Madiun Muhtarom, Jumat (6/1/2012).

Prediksinya, e-KTP yang sebelumnya dijadwalkan mulai Januari 2012 bakal molor hingga bulan April. Dengan asumsi pengerjaannya memerlukan waktu 10 bulan, maka program tersebut tidak akan selesai pada tahun 2012. Apalagi, jumlah penduduk Kabupaten Madiun cukup besar, sekitar 680.000 jiwa.

Muhtarom menambahkan, pihaknya sudah menyiapkan anggaran Rp 3 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah untuk mensukseskan program e-KTP. Dana itu sudah siap di kas daerah dan tinggal dicairkan sesuai kebutuhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com