Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BBB-UNUD Gelar Lomba Baca Puisi

Kompas.com - 26/11/2011, 20:40 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com--Bentara Budaya Bali bekerja sama dengan Udayana Scientific Club (USC) menggelar lomba membaca puisi untuk memperebutkan Anugerah Bentara Budaya dan Anugerah Rektor Unud.

"Ada sekitar 208 peserta yang mengikuti lomba membaca puisi, mulai dari kalangan pelajar SMP, SMA, mahasiswa, hingga guru, sedangkan untuk lomba dramatisasi puisi, panitia akan lebih selektif hanya menerima 10 kelompok yang mewakili beberapa kabupaten/kota di Bali," kata Frischa Aswarini selaku ketua panitia kegiatan tersebut di Denpasar, Sabtu.

Dia menjelaskan bahwa peserta lomba baca puisi itu berasal dari Jakarta, Madura, Surabaya, Yogyakarta, Jakarta, Riau, Palembang, dan Sulawesi Tenggara.

Lomba membaca puisi yang baru digelar untuk pertama kalinya oleh Bentara Budaya Bali itu tidak saja mendapat sambutan luas dari para peserta, melainkan juga dipublikasikan oleh sejumlah media massa.

"Media massa baik cetak maupun elektronik tidak hanya sebagai alat menyebarluaskan informasi, melainkan juga berperan membentuk komunitas-komunitas baru di kalangan generasi muda. Karena itu perlu dijalin komunikasi dan kerja sama yang baik dengan media dalam upaya membangun komunitas muda yang kreatif," ujarnya.

Sebelumnya, pada Senin (21/11) panitia melakukan pertemuan teknis yang diikuti oleh para peserta dan perwakilan dewan juri, yakni Abu Bakar (dramawan) dan Nyoman Erawan (perupa dan art performer).

Keduanya merupakan juri lomba dramatisasi puisi bersama sastrawan peraih Anugerah Tantular 2011, Putu Bawa Samar Gantang. Untuk lomba baca puisi, dewan juri beranggotakan Oka Rusmini (sastrawan), Wayan Sunarta (penyair) dan Ida Bagus Dharma Suta (sastrawan).

Keseluruhan lomba akan berlangsung selama tiga hari, 25-27 November 2011, dan terbagi dalam dua sesi setiap harinya.

Sementara itu, setelah melalui tahap verifikasi, dewan juri Lomba Cipta Puisi Anugrah Nasional Bentara Budaya yang terdiri dari Umbu Landu Paranggi, Prof Darma Putra dan Nyoman Tusthi Edy menetapkan lima puisi terbaik hasil seleksi dari 2.521 puisi karya 700 penyair dari 130 kota se-Indonesia.

Para penyair terpilih tersebut akan diundang untuk menerima penyerahan hadiah pada puncak acara di Bentara Budaya Bali, pada Minggu (27/11) malam pukul 19.00 Wita.

Selain pengumuman juara dan penyerahan hadiah, malam puncak Festival Puisi Bentara 2011 akan dimaknai pula dengan pembacaan puisi, pentas musik akustik dan penampilan solo musik dari Alit Jatendra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com