Komnas Perempuan Luncurkan Kampanye Anti-Kekerasan terhadap Perempuan

Kompas.com - 24/11/2011, 19:06 WIB
Penulis Imanuel More
|
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) meluncurkan kampanye Gerakan Anti Kekerasan terhadap Perempuan bertempat di gedung Komnas Perempuan Jalan Latuharhary, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (24/11/2011). Masruchah, Wakil Ketua Komnas Perempuan menyatakan, kegiatan ini akan berlangsung selama 16 hari,25 November - 10 Desember 2011.

"Ini merupakan agenda tahunan. Tahun ini kita fokuskan pada masalah perkosaan terhadap perempuan," jelas Masruchah.

Dari berbagai bentuk tindak kekerasan yang dialami kaum perempuan, pelecehan seksual, khususnya kasus perkosaan menempati urutan tertinggi sepanjang tahun 2010-2011, imbuh Masruchah. Karena itu, selain menyatakan keprihatinan mendalam kepada para korban, ia berharap kegiatan yang akan dilaksanakan mulai besok akan mendapat perhatian serius masyarakat Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Masruchah juga mengungkapkan keprihatinan atas penanganan kasus-kasus pelecehan seksual lantaran aparat hukum tidak mampu memberikan ganjaran setimpal pada para pelaku.

"Biasanya karena dianggap kurang alat bukti. Bisa juga karena proses pengadilan kurang memihak kepada korban," kata Masruchah.

Ia menilai, struktur kekuasaan ikut berperan dalam maraknya kasus pelecehan seksual, sebagaima terlihat dalam kasus petinggi BPN DKI Jakarta, kasus pemerkosaan oleh oknum jaksa atas tahanan di Sidoarjo, Jawa Timur, hingga kasus Anand Krishna. Karena itu, Komnas Perempuan berharap, aparat hukum dapat bersikap tegas dan teliti dalam mengungkap kasus-kasus pelecehan seksual demi membatasi terjadinya kejadian serupa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.