Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samudra Hindia Digunakan Terorisme

Kompas.com - 15/11/2011, 14:26 WIB

KOLOMBO, KOMPAS.com — Amerika Serikat mengatakan, Samudra Hindia sedang digunakan untuk mengangkut senjata-senjata bagi kelompok-kelompok teroris.

Deputi Asisten Menteri Pertahanan untuk Urusan Asia Selatan dan Tenggara AS, Robert M Scher, mengatakan dalam konferensi di kota Galle, Sri Lanka Selatan, Senin, bahwa Samudra Hindia juga menjadi pusat transit bagi penyebaran persenjataan. Scher sedang menghadiri satu konferensi keamanan maritim di Galle yang juga dihadiri peserta dari beberapa negara lain, termasuk China, India, dan Singapura, sedangkan Sri Lanka menjadi tuan rumah.

"Ada juga pelaku-pelaku lain yang terlibat di Samudra Hindia sebelumnya. Ini termasuk negara-negara di dalam ataupun di luar kawasan dan banyak dari mereka yang berusaha mengembangkan kemampuan militernya," katanya.

Akibatnya, "AS melihat perlunya diperbarui kembali bagaimana pengaruh kawasan ini terhadap kita dan bagaimana kita dapat mengatasi kepentingan-kepentingan kita," kata Kedutaan Besar AS di Kolombo mengutip pernyataan Scher.

Dia mengatakan, proliferasi senjata pemusnah massal di seluruh wilayah Samudra Hindia adalah tantangan lain yang mengancam untuk merusak perdamaian dan stabilitas di kawasan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com