Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Penulis "Aku Bukan Teroris"

Kompas.com - 08/11/2011, 01:28 WIB

Handoko Adinugroho dilahirkan di Pekalongan, 20 Desember 1967. Karier kepenulisannya dimulai ketika ia sedang kuliah di Jurusan Teater, Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta.

Karya pertamanya berupa sebuah cerpen berjudul "Opas" yang dimuat di harian sore Wawasan. Selanjutnya, cukup banyak cerpen yang ia hasilkan dan dimuat di berbagai media massa, antara lain Bernas, Kedaulatan Rakyat, Jawa Pos, Suara Pembaruan, Lampung Pos, Tribun Jabar, Nova, HAI, dan Citra tetapi tak sempat ia kumpulkan.

Bahkan jejak-jejak dari cerpen-cerpen itu pun menghilang lantaran ia bukan seorang yang rapi secara administratif. Sejak 1990, sambil kuliah, ia bekerja di sebuah surat kabar di Yogyakarta, mulai dari wartawan hingga akhirnya menjadi redaktur pelaksana.

Sambil bekerja, ia masih sering menulis cerita, termasuk novel dan novelet yang dimuat secara bersambung di majalah wanita Kartini dan Femina pada dasawarsa 1990-an.

Selain menulis cerpen dan novel, ia juga menulis skenario, antara lain untuk Suami-suami Takut Istri (Trans TV), Teater Paradiso (TPI), Pengakuan Terlarang (Global TV), Si Kecil Berhati Besar (RCTI), Demi Keluarga (Global TV), dan Nyaris Mati (Global TV).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com