Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengamanan Ditingkatkan

Kompas.com - 03/11/2011, 01:51 WIB

Mekkah, Kompas - Empat hari menjelang pelaksanaan kegiatan ibadah haji yang ditandai dengan kegiatan wukuf, pengamanan di kawasan Masjidil Haram ditingkatkan.

Para petugas berseragam ditempatkan di sejumlah titik di kawasan masjid. Di antara mereka ada yang ditugaskan di pelataran Masjidil Haram yang sangat luas. Ada juga yang ditempatkan di sekeliling Kabah untuk mengamankan jemaah haji yang melakukan tawaf dan sai.

Berdasarkan laporan wartawan Kompas, Tjahja Gunawan Diredja, dari Mekkah, Rabu (2/11), selama menjalankan tugasnya, aparat tersebut sengaja ditempatkan dan bermukim di tenda besar yang didirikan di pintu masuk keluar kawasan Masjidil Haram. Tugas mereka adalah memperlancar gelombang umat manusia yang melaksanakan ibadah haji dan mengamankan kegiatan ibadah haji.

”Haj... haj... ayo cepat jalan. Jangan berdiri di pintu begitu,” teriak petugas keamanan dalam bahasa Arab.

Sementara itu, kebakaran melanda pemondokan haji (maktab) 71 rumah nomor 356 pada Rabu pagi. Tidak ada korban dalam peristiwa tersebut. Peristiwa itu terjadi akibat anggota jemaah haji asal Palembang yang menginap di kamar 597 lantai 5 lupa mencabut steker saat akan memasak air.

Akibatnya, kompor yang diletakkan di atas kulkas itu meledak. Namun, instalasi pemadam kebakaran yang ada di setiap kamar secara otomatis menyiram api dari kompor yang meledak itu. Menurut saksi mata, si jago merah bisa padam oleh alat pemadam kebakaran itu.

Kompor yang menjadi sumber kebakaran ditinggalkan saat semua penghuni kamar meninggalkan maktab untuk shalat subuh di Masjidil Haram. Akibat kebakaran itu, jemaah di lantai 5 dan petugas pemondokan sibuk memindahkan barang-barang ke tempat lain. Saat ini, dinding kamar yang terkena asap hitam akibat kebakaran dicat lagi, sementara penghuni kamar mengungsi ke kamar lain.

Jemaah yang tinggal di maktab 71 adalah mereka yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 52. Kloter ini merupakan gabungan dari jemaah asal Provinsi Banten dan Palembang. Maktab 71 berada di wilayah Ja’fariyah di belakang makam Al Ma’la atau sekitar 2 kilometer menuju Masjidil Haram.

Kemarin, di Jakarta, Wakil Koordinator Seksi Penerangan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Kementerian Agama RI, Zulkifli, mengatakan, jemaah haji Indonesia reguler yang tiba di Makkah, Arab Saudi, hingga Rabu, mencapai 503 kloter yang terdiri atas 202.343 jemaah haji. Saat ini, mereka sedang bersiap melaksanakan wukuf di Arafah pada waktu yang ditentukan Pemerintah Arab Saudi. Perjalanan haji secara umum berjalan lancar. (IAM)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com