Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran Melanda Kamar Pemondokan Haji

Kompas.com - 02/11/2011, 14:54 WIB
Tjahja Gunawan Diredja

Penulis

MEKKAH, KOMPAS.com Kebakaran melanda Maktab 71 atau Pemondokan Haji 71 Rumah Nomor 356 pada Rabu (2/11/2011) pagi. Kebakaran terjadi karena penghuni lupa mencabut colokan listrik.

Wartawan Kompas Tjahja Gunawan Diredja melaporkan langsung dari Mekkah, tidak ada korban akibat peristiwa tersebut. Jemaah haji asal Palembang yang menginap di Kamar 507 lantai 5 lupa mencabut colokan listrik saat memasak air. Akibatnya, kompor yang diletakkan di atas kulkas itu meledak.

Namun, instalasi pemadam kebakaran yang ada di setiap kamar langsung menyiram sumber api dari kompor yang meledak itu.

Menurut saksi mata, amukan si jago merah bisa segera dipadamkan oleh alat pemadam kebakaran otomatis itu. Kompor yang menjadi sumber kebakaran ditinggalkan saat semua penghuni Kamar 507 meninggalkan maktab untuk pergi shalat subuh di Masjidil Haram.

Akibat kebakaran itu, jemaah di lantai 5 dan petugas pemondokan sibuk memindahkan barang-barang ke tempat lain. Saat ini bekas asap hitam yang menempel di dinding Kamar 507 langsung dicat lagi, sementara penghuninya mengungsi ke kamar lain.

Jemaah yang tinggal di Maktab 71 adalah mereka yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 52. Kloter ini merupakan gabungan dari jemaah asal Provinsi Banten dan Palembang, Sumatera Selatan.

Maktab 71 berada di wilayah Ja'fariyah, di belakang Makam Al Ma'la atau sekitar dua kilometer menuju Masjidil Haram.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com