Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nuh Yakin Angka 8,3 Juta Buta Aksara Bisa Ditekan

Kompas.com - 21/10/2011, 13:27 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh yakin, angka buta aksara pada dua tahun ke depan akan berkurang. Saat ini, setidaknya tercatat 8,3 juta orang atau 4,6 persen penduduk Indonesia belum menguasai calistung alias baca, tulis, dan berhitung. Sebagian besar dari jumlah tersebut adalah mereka yang berusia di atas 40 tahun.

Untuk menekan angka tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan melakukan berbagai pendekatan baru.

"Jangan khawatir, kita akan tekan itu dengan pendekatan baru, serta mengintegrasikan proses pembelajaran keaksaraan dengan aktivitas sosial dan ekonomi," kata Nuh, dalam acara puncak peringatan Hari Aksara Internasional ke-46, Jumat (21/10/2011), di Jakarta.

Ia menjelaskan, untuk membuat warga buta aksara yang telah berusia di atas 40 tahun tertarik mempelajari pendidikan keaksaraan, harus dilakukan berbagai terobosan. Misalnya, menggunakan metode pembelajaran yang lebih menonjolkan pada aktivitas sosial, ekonomi, dan budaya. Menurutnya, jika pendidikan keaksaraan tidak menonjolkan aktivitas-aktivitas tersebut sulit untuk membuat mereka "melek" aksara.

"Oleh karena itu, dengan metode dan pendekatan itu kami sangat yakin dalam dua atau tiga tahun ke depan bisa menekan jumlah buta aksara sebanyak dua persen," kata Nuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com