Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

330.000 Pemudik Bersepeda Motor Melintasi Suramadu

Kompas.com - 01/09/2011, 02:23 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com – Sekitar 330.000 pemudik bersepeda motor melintasi Jembatan Suramadu selama musim arus mudik mulai H-7 hingga H-1 Lebaran 1432 Hijriah. Menurut Kepala Gerbang Tol Jembatan Suramadu Suhariono, Kamis, angka tersebut naik sekitar 10 persen dibandingkan dengan tahun 2010.

"Pada musim arus mudik tahun lalu, kendaraan roda dua yang melintas sekitar 298.000 unit. Jika dibandingkan tahun ini, ada kenaikan sekitar 10 persen," katanya, Kamis (1/9/2011).

Dijelaskannya, jumlah tersebut hanya untuk musim arus mudik saja atau yang melintas dari arah Surabaya menuju Madura. Adapun untuk yang dari Madura ke Surabaya, arus lalu lintasnya masih normal.

"Belum ada peningkatan berarti untuk arah Madura ke Surabaya, semuanya masih berjalan normal seperti hari biasa," kata dia.

Terkait dengan arus balik, ia menjelaskan, diprediksi pemudik akan kembali ke Surabaya pada sepekan ini, yakni H+1 hingga H+4. Menurut dia, kemungkinan besar pada Minggu (4/9/2011) mulai pagi hingga sore mendatang.

"Ini karena pada Senin-nya sudah mulai masuk kerja dan anak-anak mulai bersekolah. Jadi kemungkinan besar pada Minggu sore arus balik mulai kelihatan," kata Suhariono.

Hanya saja, lanjut dia, tradisi di Madura biasanya pada hari ketujuh digelar "Hari Raya Ketupatan" dan banyak menyedot perhatian sehingga biasanya banyak warga yang datang dan merayakan.

"Biasanya memang tidak sedikit yang menunggu kesempatan ’ketupatan’. Maka yang kembali ke Surabaya diperkirakan tidak akan bersamaan dan kecil kemungkinan terjadi penumpukan atau antrean panjang di pintu gerbang sisi Madura," ujarnya.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com