Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gangguan Kesehatan Serang Pemudik

Kompas.com - 29/08/2011, 12:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com —  Sejumlah gangguan kesehatan menyerang pemudik dalam perjalanan air. Beberapa gangguan kesehatan terbanyak adalah infeksi saluran pernafasan akut, kelelahan, dan tekanan darah tinggi.

Sejak 26-28 Agustus, sebanyak 235 pemudik memeriksakan diri di Kantor Kesehatan Pelabuhan yang tersebar di 20 lokasi di seluruh Indonesia. Dari jumlah ini, 57 orang menderita infeksi saluran pernafasan akut (ISPA), 29 orang menderita kelelahan hingga menyebabkan sakit otot, dan 28 orang menderita tekanan darah tinggi. Sisanya di antaranya menderita gangguan lambung, gangguan saluran pencernaan, dan gangguan kehamilan.

Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan Tjandra Yoga Aditama mengatakan, pos kesehatan, rumah sakit, dan kantor kesehatan di jalur mudik utama tetap disiagakan. Hal ini mengingat masa mudik masih panjang. Pemudik diharapkan selalu menjaga kesehatan. Jika mempunyai kesehatan tertentu, pertimbangkan untuk mengonsumsi obat secara rutin.

"Jika ada keluhan, segera kunjungi pos kesehatan terdekat," katanya di Jakarta, Minggu (29/8/2011).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com