Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penumpang di Kampung Rambutan Naik 13 Persen

Kompas.com - 28/08/2011, 12:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Memasuki H-2 Lebaran, penumpang bus di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, mulai melonjak. Diperkirakan kenaikan penumpang mencapai 13 persen dibandingkan tahun lalu.

"Penumpang bus tahun ini mencapai 67.000 orang. Kenaikannya sampai 13 persen," kata Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo ketika melakukan inspeksi mendadak ke Terminal Kampung Rambutan sehubungan dengan arus mudik dan arus balik, Minggu (28/8/2011).

Ia menuturkan, secara umum pengaturan di Terminal Kampung Rambutan sudah baik. Namun, saat berkeliling menyapa penumpang yang hendak mudik, ada beberapa keluhan dari penumpang yang menunggu lama di terminal. Penyebab penumpang menunggu lama ini karena bus tidak masuk ke dalam terminal lantaran sudah penuh dengan penumpang yang naik dari luar terminal. Hal ini jelas menyalahi prosedur yang ada.

"Untuk masalah ini harus tegas. Tidak boleh ada yang naik dari luar. Kalau begitu kasihan penumpang yang nunggu di dalam dan ikut aturan malah menunggu berjam-jam," ujar Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo.

Ia pun meminta kepada pihak terminal untuk melakukan pemeriksaan penumpang. Jika ditemukan penumpang yang tidak sesuai prosedur, harus dikalahkan. "Semestinya menunggu di tempat yang seharusnya," tutur Foke.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono juga menginstruksikan kepada pihak Terminal Kampung Rambutan untuk mengambil tindakan terkait penumpang bus yang tidak sesuai prosedur. "Kalau ada yang naik dari luar terminal, tolong diarahkan busnya masuk ke tempat pencucian. Biar disemprot saja," kata Pristono.

Berdasarkan data dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta, pada H-7 sampai H-3 Lebaran, penumpang di Terminal Kampung Rambutan pada tahun ini berjumlah 67.964 orang atau naik 13 persen dari tahun 2010 yang hanya berjumlah 63.209 orang.

Di Terminal Pulo Gadung, penumpang tahun ini sebanyak 26.674 orang atau naik 20 persen dari tahun 2010 yang hanya berjumlah 23.737 penumpang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com