Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur AAL Kunjungi Kawasan Boezem

Kompas.com - 24/08/2011, 21:38 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL), Laksamana Muda TNI Ade Supandi, didampingi Wagub AAL Brigjen TNI (Mar) Gatot Subroto dan para pejabat AAL mengunjungi fasilitas milik AAL di kawasan Boezem, Morokrembangan, Rabu (24/8/2011). 

Fasilitas milik AAL tersebut berada di ujung utara komplek milik TNI AL dan berada di dekat kawasan Pelabuhan Tanjung Perak. Fasilitas yang dikunjungi, antara lain ruang kelas yang digunakan Kadet AAL, khususnya Korps Marinir, untuk proses belajar-mengajar yang berada di daerah Steger, fasilitas olahraga air perahu naga, dan beberapa infrastruktur yang perlu dilaksanakan pembenahan.

Pemeriksaan itu terkait rencana Proyek Pembangunan Linning Boezem sisi utara Morokrembangan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, Jawa Timur, yang berimbas pada keberadaan infrastruktur AAL di area itu.

Kawasan Boezem Morokrembangan sudah menjadi pusat kegiatan militer sejak zaman pemerintahan Hindia-Belanda. Semasa Perang Dunia II, kawasan Boezem menjadi pusat komando Angkatan Laut gabungan ABDA (America, British, Dutch and Australia).

Dari kawasan itu, armada gabungan ABDA terlibat dalam pertempuran Laut Jawa 27-28 Februari 1942 di perairan utara Surabaya arah Pulau Bawean.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com