Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran Terluas di Kotawaringin Barat

Kompas.com - 24/08/2011, 20:12 WIB

PALANGKARAYA, KOMPAS.com — Kebakaran lahan paling luas di Kalimantan Tengah pada tahun 2011 hingga Juli lalu terjadi di Kabupaten Kotawaringin Barat.

Berdasarkan data Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalteng, kebakaran di daerah itu mencakup lahan seluas 302 hektar (ha).

Menurut petugas Bidang Deteksi Dini Manggala Agni BKSDA Kalteng, Andreas Dody, di Palangkaraya, Rabu (24/8/2011), luas lahan yang terbakar disusul Kabupaten Sukamara dengan luas 282 ha.

Kebakaran luas terjadi di dua kabupaten itu karena terdapat banyak kawasan perkebunan dan pertanian. Banyak masyarakat yang membakar lahan untuk membuka kebun dan sawah. Kebakaran pun mudah merembet karena tanah yang mengandung gambut.

"Selain itu, terdapat semak belukar yang cukup tinggi dan berada di rawa-rawa. Jika kering, semak yang cukup luas itu amat mudah terbakar," ujarnya.

Sebagai upaya memadamkan kebakaran, petugas Manggala Agni telah ditempatkan di seluruh Kalteng dengan jumlah lebih dari 200 orang. Di Kotawaringin Barat, misalnya, ditempatkan dua regu dan di Kotawaringin Timur sebanyak satu regu. Setiap regu terdiri dari 15 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com