Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Delman Hambat Jalur Alternatif Kadungora

Kompas.com - 22/08/2011, 14:51 WIB

GARUT, KOMPAS.com – Jalur alternatif arus mudik Lebaran melalui rute Nagreg-Kadungora-Leles-Garut-Singaparna-Tasikmalaya, seperti tahun-tahun sebelumnya hampir dipastikan macet di sejumlah lokasi. Salah satu titik paling rawan kemacetan adalah Jalan Raya Kadungora, yang terletak di antara Nagreg dan Leles. Salah satu penyebabnya adalah beroperasinya delman di jalan alternatif tersebut.

Kehadiran delman berkuda di jalan utama Bandung-Garut itu, membuat arus kendaraan terhambat. Semua kendaraan roda empat dan lebih, harus mengikuti di belakang kendaraan tradisional itu hingga bisa menyalipnya.

Pada hari Minggu (21/8/2011) kemarin misalnya, terlihat delman yang melaju perlahan di simpang Kadungora, diikuti kendaraan lain di belakangnya. Polisi pengatur lalu-lintas di lokasi itu pun tidak dapat berbuat apa-apa menghadapi delman, dan hanya mampu mengatur arus kendaraan lain.

Kemacetan di Kadungora diperarah dengan aktivitas warga di pasar daerah itu. Ruas ini merupakan jalan utama kendaraan yang datang dari arah Bandung dengan tujuan ke Garut, dan ke Tasikmalaya melalui Singaparna. Melalui Kadungora pula, perjalanan menuju dua lokasi wisata andalan Garut yaitu Cipanas dan Kampung Sampireun. Setiap tahun, kawasan Kadungora selalu dilanda kemacetan saat arus mudik dan arus balik Lebaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com