Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringatan HUT RI di Jayapura Lancar

Kompas.com - 17/08/2011, 13:46 WIB

JAYAPURA, KOMPAS.com — Upacara Peringatan Kemerdekaan 17 Agustus yang digelar di Lapangan Mandala, Jayapura, berlangsung lancar. Demikian juga upacara yang digelar di Lapangan Brimob Polda Papua.

Kepala Polres Kota Jayapura Ajun Komisaris Besar Imam Setiawan ketika ditemui di Kantor Polsek Abepura, Rabu (17/8/2011), mengatakan, adanya beberapa informasi yang sebelumnya beredar bahwa ada upaya-upaya untuk menggagalkan peringatan 17 Agustus, tidak terbukti. Upacara peringatan detik-detik proklamasi, menurut dia, berjalan lancar dan tertib.

Selain karena kesiapan aparat keamanan, kondisi itu juga tercipta karena masyarakat juga turut serta membangun situasi yang kondusif. Meskipun, pada Rabu subuh dilaporkan ada sebuah bendera bintang kejora berkibar di perbukitan di Tanah Hitam, Abepura, namun hal itu tidak mengganggu masyarakat.

Ia berterima kasih kepada masyarakat dan mengapresiasi sikap masyarakat Papua yang semakin dewasa. "Rakyat tidak terprovokasi," kata Imam Setiawan.

Masyarakat, tuturnya, turut berpartisipasi menjaga keamanan lingkungan mereka. Selain itu, polisi dibantu  TNI terus menyiagakan anggota mereka untuk memberikan ketenangan dan ketenteraman. "Tidak perlu cemas," kata Imam menambahkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com