Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Aquascape", Taman Menakjubkan Dalam Air

Kompas.com - 11/08/2011, 12:56 WIB

KOMPAS.com - Tren baru yang diciptakan para arsitek lanskap begitu menakjubkan, yakni menciptakan taman di dalam akuarium. Hanya, ikan-ikan di konsep akuarium ini bukan lagi "raja".

Siapa raja di dalam akuarium? Ikan hias? Tentu saja. Tapi, itu tidak berlaku di aquascape. Karena di sini ikan bukanlah penghuni utama yang sengaja diadakan. Keberadaan ikan justru menjadi pelengkap miniatur kehidupan di dalam air.

Lantas kalau bukan ikan, siapakah rajanya?

Tanamanlah yang menjadi penghuni utama landscape. Ide ini berawal dari para arsitek lanskap yang bereksperimen dengan mendesain taman di dalam akuarium.

Untuk mengapresisikan karyanya, para arsitek lanskap mendesain taman dalam bentuk miniatur atau maket yang dilengkapi bukit, jalanan setapak, dan taman-taman. Walau ukurannya kecil, jenis tanaman ini adalah tanaman hidup, yang menghasilkan oksigen bagi ikan-ikan kecil di dalamnya.

Kelihatannya menarik, kan? Memang. Tapi, tunggu dulu, karena untuk mendalami hobi ini dibutuhkan beberapa kemampuan, di antaranya kesabaran, pengetahuan tentang kimia air, cara hidup tanaman, telaten, serta yang terpenting adalah memiliki jiwa seni.

Bicara tentang jiwa seni, sifat atau gaya Jepang yang diperkenalkan pada 1990 oleh Takashi Amano, -fotografer lanskap, desainer, aquarist, pada Nature Aquarium World memicu minat para pecinta akuarium. Ia pun dianggap sebagai aquascaper paling berpengaruh di dunia.

Komposisi aquascape Amano terlihat pada teknik berkebun Jepang yang berusaha meniru pemandangan alam dengan susunan asimetris relatif beberapa spesies tanaman, batu, dan kayu apung mati. Gaya ini sangat menarik, terutama estetika Jepang Wabi-san yang mencitrakan kefanaan dan minimalis, serta Iwagumi yang mengatur penempatan batu. Di samping aliran Amano, ada pula Jungle Style (American style) dab Garden style (Dutch/European style).

Hobi yang tidak murah ini tentu membutuhkan keahlian khusus seperti yang telah dijelaskan di atas, termasuk sistem filtrasi yang benar agar kondisi air, tanaman, dan ikan tetap sehat. Biayanya, untuk 1 meter pesegi aquascape, Anda harus merogoh kocek sekitar Rp 5 juta.

Bagaimana menurut Anda?

(Rabani Kusuma Putra)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com