Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NTB Tetapkan 5 Kawasan Ekonomi Terpadu

Kompas.com - 04/08/2011, 19:59 WIB

MATARAM, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat mengusulkan lima titik Kawasan Ekonomi Khusus  yang terdapat di Pulau Lombok dan Sumbawa. Lima KEK ini diharapkan bisa mengungkit dan mengembangkan perekonomian masyarakat.

"Usulan ini sudah diajukan kepada pemerintah pusat. Kini kami masih melengkapi persyaratan analisis mengenai dampak lingkungan dan izin lainnya," ujar Ahmad Makchul, Kepala Bidang Perencanaan Tata Ruang dan Prasarana Bappeda NTB, Kamis (4/8/2011) di Mataram.

Lima kawasan itu meliputi Teluk Saleh, Teluk Bima, dan kawasan Tambora di Pulau Sumbawa untuk aktivitas pariwisata, perikanan, dan kelautan, kemudian kawasan Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, untuk pariwisata, dan pengembangan Pelabuhan Carik, Lombok Utara, selain kawasan obyek wisata Mandalika, Kute, Lombok Tengah.

KEK ini merupakan tindak lanjut dari kebijakan pemerintah pusat yang telah menetapkan Bali dan Nusa Tenggara (NTB, NTT) yang berada dalam koridor V pengembangan KEK. Dengan berkembangnya kawasan-kawasan itu, diharapkan berdampak pada mobilitas serta dinamika perekonomian lokal dan regional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com