Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawanan Perampok Rumah Kosong Dibekuk

Kompas.com - 03/08/2011, 18:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Aparat Subdikrektorat Tanah dan Bangunan Polda Metro Jaya kembali membekuk kawanan perampok dalam Operasi Kilat Jaya 2011. Mereka merupakan kawanan perampok spesialis rumah kosong pada siang hari.

Para pelaku yang dibekuk, yakni P alias K dan S. K merupakan residivis dalam kasus yang sama dan pernah dipenjara pada 2010. Sebelum tertangkap, K sempat melakukan pencurian pada Juli 2011 lalu di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Adapun S mengaku hanya ikut aksi pencurian rumah kosong yang dilakukan K.

Kepala Unit V Subdit Resmob Direskrimum Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Reynold Hutagalung mengatakan, modus yang dilakukan pelaku adalah dengan berpura-pura sebagai tamu di rumah korban. "Modusnya berpura-pura menjadi tamu. Saat diketok, kalau tidak ada yang jawab baru mereka beraksi," ujar Reynold, Rabu (3/8/2011) di Markas Polda Metro Jaya.

Reynold menjelaskan, kedua pelaku telah melancarkan aksinya sebanyak 15 kali, antara lain di wilayah Tebet, Kelapa Gading, Cinere, dan Pondok Gede. Dalam memilih targetnya, K dan S tidak asal merampok. Mereka melakukan observasi terlebih dulu terhadap aktivitas penghuni rumah.

"Kalau rumahnya sering lampu nyala, di situlah mereka menargetkan. Paling banyak adalah rumah mewah yang ada di pinggir jalan," ucap Reynold. Saat berhasil masuk, pelaku merusak pintu dengan memakai linggis. Pelaku kemudian menggasak barang berharga di dalam rumah. Mereka lalu membongkar dan merusak kunci pagar dari dalam. "Pelaku keluar seperti biasa sehingga tidak dicurigai warga," kata Reynold.

Selain menangkap pelaku, polisi juga menyita sembilan jam tangan, telepon genggam, satu unit DVD player, sepeda motor, serta alat kejahatan berupa linggis, obeng dan kunci letter T.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com