Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jualan di Benhil Bisa Untung Rp 600.000

Kompas.com - 03/08/2011, 11:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap datang bulan Ramadhan sejak 1990-an di kawasan Pasar Bendungan Hilir (Benhil), Jakarta Pusat, selalu terdapat 'pasar dadakan'. Namanya Bazar Ramadhan Benhil. Seberapa menguntungkankah?

"Di awal Ramadhan pengunjung yang datang tidak terlalu ramai, namun hampir semua kue terjual habis karena semua kue-kue di sini disukai pengunjung. Dari hasil penjualan kue-kue ini saya bisa meraih keuntungan sebesar Rp 500.000 sampai Rp 600.000 per hari," ujar Ruli (34) kepada Kompas.com, Selasa (2/8/2011).

Ruli adalah pedagang musiman di Bazar Ramadhan Benhil. Dia menjual berbagai makanan untuk buka puasa, seperti lemang, kolak, tapai, kue bugis, ketupat ketan, pacar cina, biji salak, dan kue pepe.

"Saya tinggal di Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Sudah empat tahun berjualan di Bazar Ramadhan Benhil. Memang suatu keberuntungan bisa berjualan di sini karena peminatnya banyak," katanya.

Selain itu, Ruli mengaku sudah langganan berjualan Benhil sejak tahun pertama dia berjualan.

"Awalnya saya memang warga Benhil, jadi Ketua Koordinasi Bazar Ramadhan di sini kenal dengan saya dan mengizinkan saya berjualan di Bazar Ramadhan Benhil ini," kata Ruli.

Hal senada dikatakan Mega (21), warga asli Benhil yang berjualan di Bazar Ramadhan Benhil sejak pertama bazaar ini diresmikan sekitar tahun 1990-an. Mega menjual ikan asem manis, cumi balado, ayam cabe ijo, tumis daun papaya, krecek, sambal gudeg, ikan pindang, tongkol rica-rica, semur daging, jengkol balado, ati ampela hingga telur balado.

"Semuanya dimasak sendiri oleh ibu saya, saya hanya bantu-bantu ibu berjualan di sini," ujar Mega.

Selain berjualan di Benhil, Mega juga berjualan nasi uduk di rumahnya. "Ibu saya jualan lauk-pauk di kantin salah satu Bank di Benhil. Di bazaar ini saya mempersiapkan semuanya dari pukul 11.000 dan tutup sampai pukul 19.00," katanya.

Hidayat, Ketua Penyelenggara Bazar Ramadhan Benhil kepada Kompas.com mengatakan, untuk dapat berjualan di Bazar Ramadhan, para pedagang ada yang menyewa lapak untuk menaruh barang dagangan mereka. Kebanyakan dari mereka memang asli warga Benhil yang memiliki kartu tanda pengenal.

Para pedagang Bazar Ramadhan Benhil ditempatkan di tepi jalan sepanjang pasar Benhil hanya dengan sebuah tenda yang terdiri dari 100 orang pedagang. Harga makanan yang ditawarkan penjual di Bazar Ramadhan Benhil mulai dari Rp 1.000 hingga Rp 30.000, sedangkan untuk minuman harga berkisar Rp 1.000 hingga Rp 10.000.

Bazar Ramadhan Benhil tidak hanya menjadi tempat untuk mencari menu berbuka puasa bagi warga Jakarta, selain itu Bazar Ramadhan Benhil bisa meningkatkan prekonomian bagi warga Jakarta, khususnya Benhil.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com