Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FPI Demo, Bundaran HI-Semanggi Macet

Kompas.com - 30/07/2011, 14:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Aksi demonstrasi Front Pembela Islam (FPI) di depan Istana Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, telah menyebabkan lalu lintas dari arah Sudirman menuju Bundaran HI macet.

"Saya terpaksa memutar ke Semanggi dan lewat Kuningan karena hampir 15 menit tadi kendaraan tidak bergerak," ungkap seorang pengendara mobil yang menuju Bundaran HI, Tasya Anindita, kepada Kompas.com di Jakarta, Sabtu (30/7/2011). Lalu lintas Sudirman macet ketika rombongan yang mengenakan baju serba putih ini bergerak dari arah Slipi dan masuk ke Sudirman.

Namun, untuk arah sebaliknya, yaitu dari Bundaran HI menuju Sudirman terpantau lancar. Selain menimbulkan kemacetan, rombongan ormas ini juga terlihat tidak mengenakan helm. Ada petugas yang berjaga untuk mengamankan situasi, tapi kemacetan tak dapat terhindarkan dan pengemudi tak berhelm ini tidak ditindak.

Sekitar 3.000 anggota FPI berunjuk rasa di depan Istana Presiden dan menuntut Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk segera mengeluarkan keputusan presiden tentang pembubaran kelompok Ahmadiyah. Massa yang berasal dari berbagai penjuru Jakarta itu sempat berkonvoi dari arah Jalan Medan Merdeka Barat menuju Harmoni, kemudian mengitari Istana melalui Jalan Veteran. Imbasnya, arus lalu lintas di sekitar Istana pun macet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com