Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Tewas KM Martasiah 17 Orang

Kompas.com - 06/06/2011, 17:29 WIB

KOTA BARU, KOMPAS.com — Kapal penumpang KM Martasiah jurusan Kota Baru-Geronggang tenggelam di perairan Tanjung Dewa, Kelumpang Tengah, Kota Baru, Kalimantan Selatan, sekitar pukul 12.00 Wita akibat gelombang tinggi dan menewaskan 17 penumpang.

"Saat ini 13 korban meninggal dunia di rumah sakit umum dan empat lainnya di Geronggang dan Tanjung Batu," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Baru drg Cipta Waspada, Senin (6/6/2011).

Sementara itu, korban selamat hingga saat ini yang tercatat 33 orang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Baru (RSUD Kota Baru) untuk mendapatkan perawatan intensif.

Selain penumpang, KM Martasiah juga mengangkut barang-barang, seperti sejumlah kendaraan roda dua, bahan makanan, dan barang keperluan rumah tangga yang hendak dijual ke pasar Geronggang.

Bupati Kota Baru Irhami Ridjani mengatakan, musibah seperti ini sudah sering terjadi.

"Hal itu tidak dapat dibiarkan dan harus segera diantisipasi. Petugas harus mengawal setiap kapal yang mengangkut penumpang dan barang ke pasar di daerah," ujarnya.

Selain itu, petugas harus melakukan pengawasan ekstra ketat terhadap jumlah penumpang dan kelaikan kapal untuk berlayar. "Agar hal ini tidak terulang kembali," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com